Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
SEO Tutorial Website Wordpress

Search Engine Itu Apa ? Mari kita Bahas Definisi Dan 4 Macamnya

Search Engine Itu Apa ? Mari kita Bahas Definisi Dan 4 Macamnya

Sahabat.biz.idApa itu Search Engine ? Menurut Wikipedia, Search Engine adalah program komputer tertentu yang khusus digunakan untuk membantu pengguna menemukan file yang disimpan di layanan grup World Wide Web atau Berita di sejumlah jaringan komputer server.

Dari Penjelasan Search Engine di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Search Engine berbeda dengan situs web secara umum. Hanya saja Search Engine lebih fokus pada pengumpulan Data Website sambil mengatur berbagai informasi di internet sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Hasil dari halaman pencarian ini adalah umumnya disebut halaman hasil mesin pencari atau oleh SERP. Posisi situs web yang muncul di halaman SERP juga sangat dinamis untuk menjaga tingkat relevansi konten.

Fungsi Search Engine

Tidak dapat disangkal, situs Search Engine memiliki berbagai fungsi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya, membantu menemukan beberapa informasi dari halaman situs web dan meningkatkan merek melalui konten paket menggunakan mesin pencari pemasaran (SEM) dan optimisasi mesin pencari (SEO).

Harap dicatat bahwa Optimasi Search Engine adalah salah satu metode yang sangat populer yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja situs web di mata Search Engine.

Bagaimana cara kerja mesin Search Engine

Dikatakan bahwa Search Engine bekerja dengan menggunakan program khusus yang sering disebut crawler web, robot atau laba-laba. Kenapa kita bisa menyebutnya?

Ya, salah satunya adalah konsep jaringan situs web yang memang konektivitas, seperti Jaring laba-laba ketika siap digunakan untuk menangkap serangga.

Untuk mengumpulkan situs terkait yang layak untuk memasuki halaman atas, Search Engine biasanya menggunakan algoritma khusus yang masih diremajakan secara teratur. Google misalnya, mereka sering merilis algoritma “hewan” seperti Google Penguin, Google Panda, di Google Hummingbird untuk mengoptimalkan hasil pencarian.

Dengan cara ini, tingkat persaingan antara blogger dan pengembang web menjadi luas dan lebih sehat.

Berbagai Search Engine

Saat ini Banyak sekali Search Engine yang dapat digunakan. Berbagai jenis Search Engine juga memiliki cara kerja yang sama, Tinggal Memasukkan kata kunci di bagian kolom dan kemudian tombol enter.

Namun demikian, hasil dan karakteristik masing-masing Search Engine dapat bervariasi tergantung pada algoritma. Jika  tidak percaya, harap buktikan sendiri melalui pencarian kata kunci menggunakan Google dan Bing sebagai contoh mesin pencari.

Berikut Search Engine yang sering dipakai Untuk Optimasi Kata Kunci :

1. Google.

Search Engine Google
Search Engine Google.
Secara umum, definisi Google adalah mesin pencari terbesar yang saat ini digunakan oleh pengguna global. Mesin pencari berdasarkan gunung, California, Amerika Serikat bahkan mampu menjadi salah satu perusahaan terbesar yang menerima jutaan lalu lintas per hari untuk orang yang melakukan pencarian.

Selain menjadi Digdaya melalui Search Engine , kemudian Google juga telah memperpanjang untuk menghasilkan berbagai produk unggulan seperti layanan video streaming youtube, Google AdWords, Google AdSense, Gmail, ke sistem operasi Android yang digunakan oleh jutaan smartphone di seluruh dunia.

2. Bing.

Search Engine Bing
Search Engine Bing.
Mesin pencari terbesar kedua setelah Google Yaitu Bing. Mesin pencari untuk Microsoft selalu mengendalikan 20% dari pencarian total di Internet. Bahkan jika itu tidak sebesar google, dengan tingkat pencarian Bing Big ini terbukti bertahan bahkan jika inovasi baru minimal untuk memikat pembeli.

3. Yandex.

Search Engine Yandex
Search Engine Yandex.ru.

Contoh mesin pencari selain Google Selanjutnya, ada Yandex untuk hasil pencarian bahasa Rusia. Yandex masih terdengar aneh di telinga kebanyakan orang Indonesia. Meski begitu, menurut data Alexa, Yandex adalah salah satu situs terbesar di dunia dengan jumlah lalu lintas pencarian yang baik. Tertarik mencobanya? Segera Anda dapat meluncur dalam konversi Yandex.ru.

4. DuckDuckGo.

Search Engine DuckDuckGo
Search Engine DuckDuckGo
Di masa ini, ketika saya tidak tahu apa DuckDuckgo, penulis ingin tahu untuk peningkatan jumlah pengunjung dari halaman referensi. DuckDuckGo sendiri adalah mesin pencari pribadi yang tidak melacak pengguna dan menampilkan iklan di halaman pencarian.

Kehadiran DuckDuckgo menjadi sangat menarik mengingat semakin banyak iklan yang tidak relevan yang ditunjukkan oleh Google dalam hasil pencarian.

Konten Terkait  Gratis Canva Pro 2021, Silahkan Dicoba

Author

Sahabat Bisnis

Leave a comment